jump to navigation

Seputar Masalah Kehamilan Trimester Kedua April 23, 2008

Posted by drandalas in Uncategorized.
trackback

Tahukah anda tentang apa yang terjadi dengan tumbuh kembang anak anda dalam kehamilan trimester kedua atau sampai usia kehamilan 28 minggu atau sering dikatakan dalam usia 7 bulan. Dalam Usia kehamilan tersebut seorang ibu bisa bertambah berat badannya 6 kg dan berat badan bayinya sekitar 1 kg. Seorang ibu sampai usia kehamilan cukup bulan penambahan berat badannya sampai 12 mg dan berat bayi mencapai antara 2500 gr sampai 4000 gr. Mari kita lihat apa saja yang banyak berubah dalam usia kehamilan tersebut.

Perubahan fisik.
Dengan usia kehamilan 28 minggu terjadi perubahan fisik nyata, seperti, payudara mulai membesar yang berhubungan dengan mulai diproduksi kolostrum yang bakal menjadi makanan pertama sang bayi kelak saat lahir, areola mamae ibu akan bertambah pigmentasi. Pencernaan seorang ibu juga akan mengalami sedikit gangguan akibat pengaruh hormone progesterone yang berfungsi membuat relaksasi rahim sehingga ibu merasa perut tidak nyaman. Kadang sering dirasakan sakit di uluhati akibat semakin lamanya makanan berada didalam lambung akibat sedikit relaksasi otot lambung, kadang kala sebahagian ibu mengeluh sulit buang air besar akibat lambatnya proses penyerapan makanan di usus halus. Hal terakhir ini perlu dipahami oleh para ibu hamil sehingga tidak membiasakan memakai pencahar untuk melancarkan pengeluaran sisa makanan..
Uterus seorang ibu dalam trimester kedua akan tampak semakin besar karena rahimnya mulai membesar karena telah keluar dari rongga pelvis, dalam trimester 1 rahim masih berada didalam rongga pelvis. Seorang ibu selama masa kehamilan trimester kedua akan merasa kurang nyaman dan perlu perubahan nyata dari pakaian yang dipakai sehari hari, bahkan sampai kepada sepatu yang dipakai karena struktur tubuh yang mulai membengkak.

Nyeri Pinggang sering ibu karena semakin meningkatnya aliran darah ibu di daerah pelvis, sehingga semua ligament, otot-otot mengalami peregangan dan melunak. Akibat pengaruh hormone progesterone dan relaksin kadang kala tulang belakang juga mengalami peregangan. Keluhan nyeri pinggang diatasi dengan mencoba duduk dilantai atau kursi keras dengan punggung lurus dan menahan nafas untuk beberapa saat dan dapat diulang.
Pada kehamilan 20 sampai 28 minggu merupakan masa kehamilan penting diamati dengan baik, kunjungan kedokter semakin sering karena semakin banyak yang perlu dikonsultasikan, misal bila ada riwayat anak lahir meninggal dalam rahim, atau anak lahir besar sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang gula darah untuk menyingkirkan kemungkinan adanya gangguan metabolisme gula darah yang punya potensi bayi tumbuh besar. Pemeriksaan lab darah rutin perlu dilakukan untuk melihat apakah ibu anemia(kurang darah), ibu ada terinfeksi dengan hepatitis dengan pemeriksaan HbsAg, bila anemia akan diberikan tablet zat besi dan bila Ada terkontak hepatitis akan dipersiapkan bagi ibu dan bayi untuk pemberian vaksin segera setelah bayi lahir. Selain itu masa kehamilan trimester ini darah seorang ibu mengalami pengenceran sehingga volume akan meningkat yang bertujuan menghindari banyaknya hilang zat-zat penting saat proses perasalinan. Hati hati bagi kelompok ibu yang ada riwayat sakit jantung, peluang terulangnya serangan jantung akibat meningkatnya beban jantung sangat tinggi pada fase ini.
Dalam periode kehamilan trimester kedua sebaiknya ibu melakukan aktifitas fisik untuk menjaga tubuh tetap fit, aktifitas bisa dalam bentuk aktifitas ringan dengan tetap melakukan aktifitas rutin sehari-hari, maupun melakukan senam hamil demi kelnacaran aliran darah dan kesegaran. Penting diingat , asupan makanan harus juga diperhatikan dengan baik, sebaiknya makan makanan yang mengandung protein cukup, karena dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan jaringan yang di butuhkan tulang dan otot. Sumber protein yang baik ada di daging, ikan dan telur ayam. Karbohidrat juga harus cukup untuk persiapan kalori, sebaiknya makan karbohidrat kompeks, misal sucrose(gula putih), glucose(madu), fruktosa(buah) dan dari susu(galaktosa). Ingat Bagi masyarakat yang tidak doyan susu dan buah, beras coklat menjadi pilihan sumber karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat komplek sangat cepat diserap di lambung sehingga cepat terastasi energinya seorang ibu. Perlu bagi ibu hamil,bila kualitas makanan terasa kurang jangan lupa makan vitamin dan mineral sebagai suplemen.
Dengan mengenali perubahan yang terjadi dalam terimester kedua ini akan membuat ibu hamil nyaman melalui proses kehamilan sampai memasuki kehamilan trimester ketiga yang lebih kompleks lagi dan perlu diingat umumnya perubahan yang terjadi adalah suatu proses fisiologis. Bila seorang ibu mengalami peningkatan berat badan yang ekstrim, besar dari 6 kilogram sebaiknya konsultasikan kedokter kandungan anda untuk menilai apakah masih normal atau tidak.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: