jump to navigation

Lebih Jauh Tentang Peran Vitamin D Untuk Tubuh April 27, 2008

Posted by drandalas in Uncategorized.
trackback

PERNAHKAH kita tahu seberapa penting suplemen vitamin D bagi tubuh untuk berjalannya fungsi metabolisme kita, lalu tahukah anda apa yang yang terjadi bila tubuh kurang mendapat suplai yang cukup vitamin D dan selanjutnya apa saja dampak buruk yang terjadi bila kadar vitamin D dalam tubuh seseorang sangat kurang. Bila kita tahu peran dari vitamin D ini mungkin semua kita serius untuk menkomsumsi dengan baik dan cukup. Cara yang terbaik adalah mengetahui kekurangan lebih awal dan bila perlu beri alternativ solusi lebih awal pula seperti sedari ibu mengandung.

Walaupun Saat sekarang masalah kekurangan vitamin D mulai dapat teratasi dengan banyaknya makanan yang dilakukan fortifikasi dengan vitamin D, akan tetapi problemanya bila seseorang tidak mendapat makanan yang cukup baik atau tidak makan makanan yang terforifikasi dengan vitamin D akibat kesulitan keuangannya.

Kasus defisiensi (kekurangan vitaminD) masih banyak terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, termasuk pada ibu hamil. Kekurangan vitamin D pada seorang ibu hamil akan berdampak gangguan pertumbuhan janin dalam rahim, janin berisiko tumbuh tidak sempurna yang tentunya akan membuka peluang si anak kurang cerdas, kekurangan vitamin D semasa kanak-kanak berpeluang terjadi gangguan pembentukan struktur tulang sehingga tulangnya mudah patah, dan bila kekurangan ini terus berlanjut sampai usia dewasa, akan berdampak osteomalasia dan kelemahan otot-otot, sehingga sangat mudah fraktur (patah tulang)..

Dari beberapa penilitian seperti yang dilansir Journal New England Medicine baru-baru ini, dilaporkan didalam jaringan dan sel tubuh sangat banyak mengandung reseptor – reseptor vitamin D yang sangat berperan dalam sirkulasi vitamin D dan 25 hidroksi D(bentuk vitamin D tidak aktif), sebelum menjadi bentuk 1,25 dehidroksi D, suatu bentuk aktif dari vitamin D. Hal yang penting dipahami adalah perlu komsumsi Vitamin D dari diet untuk kesehatan tubuh kita, dengan tercukupinya intake (asupan)vitamin D, maka risiko terjadi penyakit-penyakit kronis, kanker, penyakit autoimun dan penyakait jantung dapat ditekan.

Sumber dan Metabolisme Vitamin D

Manusia mendapat vitamin D dari beberapa cara, antara lain dari pengaruh sinar matahari, diet dan suplemen, Pengaruh sinar matahari dalam pembentukan Vitamin D bagi manusia melalui pengaruh sinar ultraviolet B yang berasal dari matahari yang mempunyai gelombang panjang antara 290 sampai 315 nanomikron, sinar tersebut menembus kulit dan mengubah 7 dehidrocholesterol menjadi previtamin D3 yang kemudian segera berubah menjadi vitamin D3. Sedangkan sumber Vitamin D2 dan D3 yang berasal dari diet dan suplemen dalam bentuk chilomikron di alirkan ke pembuluh limfa untuk masuk sirkulasi vena..

Secara umum Vitamin D disimpan dalam sel-sel lemak tubuh. Vitamin D dalam sirkulasi darah vitamin D diikat oleh protein khusus untuk di bawa ke hati.. Didalam hati vitmin D yang belum aktif dengan bantuan enzim tertentu diubah menjadi vitamin D aktif, yaitu 25 dehidroksi vitamin D atau 25(OH)D. Dari hati vitamin D dibawa keginjal, kadar vitamin D aktif didalam darah diatur oleh hormone paratiroid, kadar calsium dan phosphor. Kadar vitamin aktif inilah yang menjadi dasar para klinisi menilai kadar Vitamin D seseorang didalam darahnya. Kadar vitamin D seseorang sangat dipengaruhi oleh kalsium, phosphor, dan faktor pertumbuhan fibroblast. Kadarnya akan menjadi menurun akibat umpan balik negative dari paratiroid hormone.

Vitamin D aktif berperan dalam meningkatkan absorsi kalsium di usus melalui interaksi kalsium dengan reseptor vitamin D diusus. Kalsium dibutuhkan untuk membuat osteoclast menjadi matang yang berperan dalam mempertahankan kadar calsium dan phosphor dalam sirkulasi darah dan memberi calsium beserta phosphor untuk mineralisasi pembentukan tulang.. Peran lain vitamin D dalam mencegah kanker usus adalah melalui perannya membuat pasase usus lancer sehingga menghindari adanya kontak lama antara zat-zat yang diasup tidak sehat dengan usus.. Seseorang dikatakan kurang vitamin bila kadar Vitamin D (25 hidroksi vitaminD) didalam darah kurang dari 20 ng permililiter. Seseorang akan berisiko intoksikasi (keracunan) bila kadar 25 dehidroksivitamin D besar 150 ng permililiter. Sediaan Vitamin D yang dijual biasanya didapat dari hasil ultraviolet iradiasi terhadap esgosterol dari jamur yang dikemas dengan vitamin D2, sedangkan vitamin D 3 didapat dari hasil iradiasi ultraviolet 7 dehidrocholesterol dari lanolin. Akan tetapi sediaan tersedia biasanya dalam bentuk D2 dan hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Kejadian Defisiensi Vitamin D, diseluruh dunia sekitar 1 milyar orang, umumnya jumlah kasus yang banyak berada di Amerika Serikat dan sebahagian kelompok lansia di Eropah., remaja dan anak-anak juga banyak mengalami kekurangan vitamin D terutama turunan Hispanik dan kelompok kulit hitam, seperti yag dilansir sebuah penelitian di Boston.. Bahkan para dokter dan residen yang mengkomsumsi susu dan multivitamin setiap hari secara teratur dan makan ikan laut sekali seminggu juga masih tinggi kasus defisiensi vitamin D

Keluhan lain yang dirasakann pada kekurangan vitamin D adalah osteomalacia yaitu rasa sakit tulang akibat kurangnya kadar zat mineral dalam struktur tulang. Diagnosa seseorang mengalami osteomalacia diketahui dengan timbulnya rasa sakit berlebihan bila tulang sternum(dada) dan daerah tibia (tungkai)ditekan.

Untuk Menghindari kejadian tulang rapuh(osteoporesis) dan mudah patah, seperti yang dialami 33 persen wanita usia 60 -70 tahun dan sekitar 66 persen pada kelompok usia 80 tahun, dianjurkan para wanita yang telah menopauses untuk menkomsumsi kalsium 1200 mg perhari dan vitamin D 800 mIU perhari. Selain itu untuk mendapatkan fungsi otot lurik yang kuat harus cukup mengkomsumsi vitamin D karena otot-otot lurik sangat kaya dengan reseptor vitamin D.

Peran lain Vitamin D diluar dalam pembentukan tulang adalah dalam proses control 200 gen-gen tubuh.. Vitamin D berperan dalam hal proliferasi sel, apoptosis(kematian sel) dan angiogenesis(pembentukan pembuluh darah). Bila kadar vitamin D kurang akan berakibat proliferasi sel terganggu sehingga tubuh akan merespon dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Vitamin D juga berperan sebagai potent imunomodulator yang menghasilkan monosit dan makrofak dalam liposakarida dalam suatu proses infeksi. Seseorang dengan kadar vitamin D kurang 20 ng permililiter, 20-30 persen berpotensi terjadi kanker colon, prostate, dan payudara. Risiko berkembangnya islet antibodies yang berperan pada penyakit autoimum pada seorang anak berkurang bila ibu selama hamil cukup kadar vitamin D.

Anjuran Asupan Vitamin D

Karena begitu banyaknya manfaat yang didapat bila kadar vitamin D cukup dalam tubuh maka dianjurkan, kita untuk mulai anak sampai dewasa makan 200 IU vitamin D setiap hari sampai usia 50 tahun dan dosis kebutuhan ditingkatkan dengan bertambahnya usia, misal 400 IU pada usia 51 sampai 70 tahun. Dosis ditingkatkan bila seseorang tidak ada kontak dengan matahari menjadi 800 sampai 1000 IU perhari. Pada keadaan tertentu bila kita mendapat kasus defisiensi vitamin D, untuk mempertahankan kadar vitamin D yang cukup dengan cara memberikan kapsul vitamin D2 50,000 IU sekali seminggu selama 8 minggu, kemudian di ulang dalam setiap 2-4 minggu. Bisa juga untuk menjaga kadar vitamin D normal dengan komsumsi 100,000 IU vitamin D3 setiap 3 bulan, dengan tujuan mengurangi risiko terjadi opatah tulang;

Seorang ibu menyusui tetap perlu mendapat tambahan 4000 IU vitamin D3 untuk menjamin kadar yang cukup dalam ASI nya. Hal ini penting karena kadar Vitamin D dalam ASI sedikit rendah yakni 20 IU.perliter. Untuk mendapatkan vitamin D3 dari matahari cukup menjemur tulang tangan dan kaki setiap hari, selama 5-30 menit antara jam 10 pagi sampai 3 siang hari.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: